berpikir


tiap kali aku pulang sendiri naik angkot dan gak lagi tidur, aku selalu mikir. ngelamun keluar jendela, terputus dari dunia luar. kadang malah nyampe gak nyadar udah sampe di tujuan.

banyak hal yang aku pikirin di angkot. nasib pengamen cilik yang aku liat di jalan. perbandingan kehidupan orang-orang elit sama orang-orang yang berjuang mati-matian cuma buat makan. kehidupan. kematian. Amal. Dosa. sikap dan sifat orang. macem-macem dah.

tapi kebanyakan yang jadi bahan pikiran aku kalo lagi ngelamun di angkot adalah hidupku sendiri. ada saat-saat aku bersyukur sama hidupku sekarang kalo ngeliat orang cacat duduk di tepi jalan dengan wadah kosong di depan mereka. ada saat-saat aku mikirin sikap dan sifat jelek yang harus aku perbaiki. ada saat-saat aku inget kenangan lucu sama temen-temen. ada saat-saat aku tiba-tiba inget masa lalu kelam yang pernah aku alamin. dan yang paling sering, aku mikirin masalah-masalah yang lagi aku alamin. ini bahkan belom sebagian dari semua yang pernah jadi bahan pikiranku selama pulang sendiri naik angkot.

kadang-kadang aku bisa sampe nahan ketawa atau senyum-senyum sendiri di angkot kalo mikir kayak gini. hampir kayak orang gila memang. Tapi ada juga saatnya aku pura-pura tidur sambil nutupin muka pake jaket atau buang muka keluar jendela belakang, padahal sebenernya aku gak bisa nahan air mata.

aku nganggep kemampuan aku mikir di tempat umum kayak angkot ini suatu anugrah. aku bersyukur aku bisa manfaatin satu setengah jam buat mikirin hal-hal yang berguna daripada ngelamun gak jelas.

tapi ternyata ‘kemampuan’ aku mikir ini juga kadang bisa bikin aku celaka. waktu itu aku pulang naik angkot sendirian dari gerlong sore-sore. kebetulan siang hari itu dan emang dari hari sebelumnya, emosiku agak labil gara-gara sesuatu. selama sejam lebih aku naik angkot itu, pikiranku melayang mikirin siapa yang salah, apa mungkin sifatku yang harus diperbaiki, apa mungkin suatu saat nanti aku bakal ngelakuin hal yang sama, dan semua yang berhubungan sama ‘sesuatu’ itu. waktu turun dan harus nyebrang jalan raya, ternyata hubunganku sama dunia luar masih belom pulih 100%. masih ada bagian dari pikiranku yang masih terputus dari suasana sekeliling. alhasil, aku ketabrak motor. untungnya gak sampe jatoh. tapi sekarang aku belajar untuk gak terlalu larut dalam pikiranku.

buat pembaca, cobalah gunakan waktu kosong kayak saat-saat duduk di angkot lebih berguna. pikirin hal-hal yang bisa membuatmu lebih bijaksana. yaa, asalkan jangan kelewatan kayak aku. Cukup aku aja deh yang ngalamin ditabrak motor. percaya deh, banyak berpikir bisa memperkaya hati dan pikiran…

0 komentar:

Clock

Labels

Followers

 

a blue blog ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)