sopir angkot juga manusia


Sabtu, 070209

Hari ini indah banget!!! One of the best days in my life!!! Juga menyentuh hati…

Aku berangkat ke sekolah sekitar jam setengah 10, buat ngumpul bareng anak ipa7. Sebenernya mau nonton tanding basket SMA 2 Bandung jam 1, tapi pindah jam jadi jam 10 gara-gara mau ngerjain temen yang ulang tahun. Gak disangka, ternyata di perjalanan, aku ngeliat hal-hal yang ternyata bisa aku jadiin pelajaran...

Pertama, waktu naik angkot cimahi-ledeng yang masih ngetem, ternyata di pintu angkot ada ibu-ibu yang kewalahan sama anaknya yang nangis-nangis. Saking kewalahannya, kayaknya si ibu itu gak nyadar aku mau masuk angkot, jadi gak minggir dikit buat ngasih jalan. Aku sih gak apa-apa, tapi jadi gak sengaja nyenggol orang sana-sini (mungkin gak sengaja nginjek kaki orang juga, hhe...). Aku duduk di sebelah ibu itu soalnya angkotnya udah penuh, tapi agak deket ke pojok (gak di pojoknya gara-gara ada cowok yang udah nempatin).

Sumpah, aku gak tega banget liat anaknya nangis sampe kayak gitu. Apalagi ngeliat dari penampilan ibu dan anak itu, kayaknya mereka termasuk kalangan orang yang gak terlalu mampu. Dan yang bikin aku kesel, si sopir angkotnya kayak yang gak peduli!! Udah tau ada anak kecil yang lagi nangis histeris kayak gitu, bukannya langsung berangkat, tapi masih nungguin penumpang lagi. Padahal tu angkot udah lumayan penuh!!! Aku jadi kesel banget sama tu sopir angkot!! Si ibu itu udah ngebujuk pake cara ini, cara itu, tapi anaknya tetep gak mau diem. Waktu aku liat kaki anaknya yang nendang-nendang ke arah aku, aku langsung merinding. Kulit di kakinya gelap kayak yang habis kebakar, dan banyak luka-lukanya. Aku makin gak tega aja ngeliat pasangan ibu-anak ini.

Untungnya habis ada penumpang lagi yang naik, angkotnya jalan juga (tapi masih ragu-ragu juga jalannya, masih takut ada penumpang yang ketinggalan). Anak itu masih nangiiiisss aja. Semua cara yang dilakuin ibunya buat nenangin anaknya gak ada yang berhasil. Udah dibujuk kalo rumahnya udah deket, anaknya makin histeris aja nangisnya. Sama ibunya mau disusuin, malah makin ngeberontak aja. Si ibu itu berulang kali minta maaf sama penumpang yang lain, padahal aku yakin mereka semua pasti maklum. Namanya juga anak kecil.

Sampe suatu saat, si ibunya ngebujuk pake bahasa sunda yang aku gak ngerti dan berhasil bikin anaknya berhenti nangis. Yang ketangkep sama aku cuma ada ’anjing hitam’-nya. Habis itu, anaknya akhirnya mau diem dan disusui sama ibunya. Terus ibu itu noleh ke aku dan bilang maaf. Mungkin si ibunya agak gak enak, gara-gara posisi menyusuinya bikin kaki anaknya itu jadi kena aku. Yaa, emang posisinya gak pewe sama sekali, tapi aku gak keberatan, yang penting ibu itu udah gak kerepotan lagi. Yang keliatan keberatan malah cowok di sebelah aku yang duduk di pojok banget (tadi udah disebutin lho). Posisi ibunya bikin aku tertekan ke samping kanan, tempat si cowok duduk. Kayaknya dia risih banget ketindihan aku, kayak yang nyangka aku pengen deket-deket dia. Iih, emangnya aku mau duduk sebelah dia?? Ogah aku juga deket-deket orang yang gak ada pengertian sama sekali kayak gitu...

Aku pikir ucapan si ibu tentang rumahnya yang udah deket itu emang beneran. Ternyata ibu itu gak turun sampe udah deket gerlong, tempat semua penumpang harus turun. Aku kepikiran, seandainya anaknya gak mau diem sama sekali sampe mereka turun, ibu itu pasti kerepotan banget megangin anaknya yang berontak terus.

Habis kejadian itu, aku masih kepikiran satu hal. SI SOPIR ANGKOT. Kok bisa ada orang yang tega ngedenger anak kecil nangis histeris dan gak ngelakuin apa-apa, padahal dia punya kesempatan buat sedikit aja meringankan masalah. Ibu itu udah beberapa kali minta supaya angkotnya langsung jalan, tapi sopirnya diem aja. Keukeuh pengen ngetem dulu. Padahal kalo angkotnya langsung jalan, anak itu bisa lebih cepet sampe rumah dan lebih cepet berhenti nangis. Bukannya aku gak suka denger anak kecil nangis (bukan berarti suka juga, mana ada tangisan yang enak didenger??), tapi kan nangis histeris kayak gitu kan bikin capek juga.

Tapi terus aku kepikiran lagi. Sopir angkot itu juga ngetem buat nyari duit. Siapa yang tau?? Mungkin aja keadaan ekonomi dia juga gak lebih baik dari ibu sama anak itu. Mungkin aja di rumahnya dia juga punya anak yang nangis minta makan. Sebenernya aku gak suka mikirin hal-hal kayak gini. Aku tipe orang yang gak tegaan sama hal-hal kayak gini. Tapi gak tau kenapa, pikiranku gak bisa dialihkan ke hal lain. Lama-lama, aku jadi pengertian juga sama sikap si sopir angkot itu. Aku jadi bersyukur, ternyata aku masih dikasih rezeki yang cukup.

Tapi gak itu aja. Dalam satu hari ini, aku ngeliat dua kejadian yang menyentuh hati. Dalam satu perjalanan malah. Habis turun dari angkot cimahi-ledeng itu, aku nyebrang jalan. Aku gak langsung naik angkot, soalnya angkotnya pasti ngetem lama dan aku gak suka itu. Jadi aku jalan dulu agak jauh ke bawah, sampe udah lewat daerah tempat angkot ngetem. Mungkin sekitar setengah menit nunggu, akhirnya lewat angkot kalapa-ledeng.

Waktu aku naik, aku lagi-lagi kebagian tempat duduk di sebelah kiri angkot. Di seberang aku, ada ibu-ibu lagi (tapi gak keliatan setua ibu yang tadi). Waktu aku perhatiin, ternyata di bagian matanya yang item ada lingkaran putihnya. Aku spontan mikir kalo ibu itu matanya kena katarak, dan gak bisa ngeliat dengan jelas. Waktu aku liat ke pangkuannya, ternyata aku salah. Di tangan ibu itu, di bawah tas yang dia pangku, ada beberapa tabung besi yang keliatannya nyambung-nyambung sama tali. Aku langsung sadar kalo aku salah duga. Ternyata ibu itu bukannya gak bisa ngeliat dengan jelas, tapi ibu itu gak bisa ngeliat sama sekali alias BUTA. Tabung-tabung besi yang dipegang ternyata tongkat khusus orang tuna netra yang biasa dipake buat bantu jalan, tapi dalam keadaan dilipat. Lagi-lagi aku gak tega ngeliatnya dan memalingkan muka keluar jendela.

Gak berapa lama kemudian, angkot itu masuk ke pom bensin. Waktu angkotnya berhenti, ibu yang duduk di seberang aku itu ngomong sama sopir angkotnya, minta diturunin di hegarmanah. Sopir angkotnya gak ngasih respon sama sekali. Noleh pun nggak. Tapi ibu itu tetep diem aja, nggak ngomong lagi. Rasa sebel sama sopir angkot lagi-lagi muncul. Apa sih susahnya nolehin kepala dikiiit aja?? Seenggaknya bilang ’iya’.

Waktu angkotnya lagi jalan, si sopir angkot ngomong. Ternyata nanya ke ibu yang di seberang aku. ”Ibu hegarmanahnya di mana??”. Ibunya jawab, hegarmanah yang deket McD. Sopir angkotnya gak ngerespon lagi, dan ibu itu juga lagi-lagi diem aja. Aku langsung mikir, ’Nanyanya telat banget sih?? Bukannya tadi waktu pertama kali ibunya minta tolong!’.

Setelah beberapa menit kejadian tanya-menanya itu, angkot itu pelan-pelan minggir ke kiri jalan. Padahal gak ada yang bilang ’kiri’, nandain kalo mau turun. Sopir angkotnya langsung ngomong ”Bu, ini udah di hegarmanah”, tapi dengan nada dingin dan mukanya tetep gak noleh ke belakang. Ibu itu langsung berdiri pelan-pelan, dan turun dari angkot dibantu ama penumpang yang lain. Waktu ibu itu mau ngasih uang, sopir angkot itu ngomong sesuatu yang bikin aku tersentak.

”Gak usah bu, udah aja”. DEG!!! Aku bingung. Tadi sopir angkotnya nunjukin sikap cuek, tapi sekarang?? Lagi-lagi aku salah sangka sama seorang sopir angkot, untuk KEDUA KALINYA. Mbak-mbak yang duduk di seberang pintu angkot, di belakang sopirnya, juga langsung senyum. Aku bisa baca bibir salah satu mbak-mbak itu yang ngebisik ke temennya: ’sopirnya baik’. Aku juga setuju 100% kalo ucapan mbak itu bener.

Hari ini bener-bener ngasih pelajaran buat aku. Dulu aku SEBEL BANGET sama sopir angkot. Suka ngetem, ngasih kembalian kurang, dan hal lain-lain yang sama nyebelinnya. Kejadian hari ini, sedikit ngubah pandangan aku sama mereka. Ternyata gak semua sopir angkot nyebelin. Mereka juga punya kehidupan sendiri kayak kita, kita cuma gak tau aja keadaan mereka kayak gimana. Mereka juga sama-sama punya hati kok. Gak jauh beda sama orang lain. Yaa, sopir angkot kan manusia juga...

Tapi tetep aja, gak semua sopir angkot sifatnya kayak yang hari ini aku liat...

0 komentar:

Clock

Labels

Followers

 

a blue blog ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)